Cara Merawat Ikan Mas koki

- – – CaRa MeraWaT IkaN mAs kOki – – –

  • Pertama kali akan memelihara ikan mas koki, sebaiknya air yang telah dimasukkan dalam aquarium diendapkan terlebih dahulu.
  • Ketika akan memasukkan ikan mas koki ke dalam aquarium, jika ikan mas koki tersebut berada dalam kantong plastik sebaiknya taruh kantong plastik yang berisi ikan mas koki tadi ke dalam permukaan air aquarium, untuk menyesuaikan suhu dalam aquarium dan suhu ikan koki,,agar ikan koki tidak stress dan mati.
  • Jika akan memelihara dalam aquarium yang besar, maka diperlukan aerotop peniup udara di aquarium, filter, dan selang penyedot kotoran.. Ketiga alat ini penting untuk mencegah kotoran dan sirkulasi udara air dalam aquarium.
  • Lokasi aquarium dipastikan harus tidak terkena sinar matahari langsung agar lumut dan alga tidak cepat berkemang biak.
  • Beri pakan secukupnya..JANGAN TERLALU SERING beri makan ikan mas koki karena ikan mas koki ini merupakan ikan yang rakus, slalu memakan makanan yang ada,, dan jika kekenyangan maka ikan koki akan cepat mati.. Dan menurut penelitian ahli, tubuh yang ramping bagi ikan mas koki akan memperpanjang umurnya. Pakan ikan ini yang alami dan bagus untuk ikan mas koki adalah cacing sutera karena mengandung protein yang tinggi.. Tetapi untuk lebih praktisnya, pakan ikan mas koki adalah bentuk pellet yang banyak dijual di toko-toko.
  • Jangan memberi pakan pada malam hari atau menjelang malam..Karena ikan mas koki merupakan ikan yang cepat proses pencernaannya,,setelah dia makan maka akan dikeluarkan dalam bentuk feses (mengandung amoniak).. Bakteri pengurai, aktif pada malam hari dan akan menguraikan feses ikan mas koki yang akan menyebabkan kandungan amoniak dalam air aquarium tinggi dan tidak baik bagi ikan mas koki.
  • Pada saat menguras air aquarium sebaiknya air yang akan dibuang jangan semuanya karena jika semua air lama digantikan dengan air baru, maka ikan mas koki harus beradaptasi lagi dan menyebabkan stress yang berakibat kematian.
  • Air aquarium yang baru diisi (setelah dikuras) sebaiknya diberi garam grosok (garam laut) yang mempunyai manfaat mencegah pertumbuhan jamur.
About these ads

~ oleh maudahansori pada Desember 7, 2009.

16 Tanggapan to “Cara Merawat Ikan Mas koki”

  1. Trnyata mrwt ikn gmpg tp ribet jg…(maklum bru prtma kali)
    Trz wkt ksh makan.nx kapan ja?

    • ya begitulah kenyataannya..heheheh!!
      kasih makannya klo gw sih 2-3kali sehari,, yang 3 kali itu jam 11, jam 2, n jam 5!! klo 2 kali jam 11 n jam 4 aja….
      di rawat baek2 ikannya….:)

  2. Kalau saya ksh mknnya cm sekali sehari?apakah berpengaruh?lalu garam gosok itu garam yg bgaimana?maklum saya memelihara koki br 1 bulan ini. Trims..

  3. thaks yah aduh jadi hobi nh

  4. sehari sekali ya?? itu di kasih pakannya pelet atau cacing beku??
    mungkin pengaruhnya jadi lebih lama aja tumbuh besarnya….
    kalo garam gosok itu,,mksudnya garam ikan.. banyak kok yg jual di toko2 ikan hias,, bilang aja beli garam ikan!!

  5. wah Terima Kasih atas info ini sangat membantu saya sebagai pemula pencinta ikan mas koki. Saya ingin bertanya, Apakah Suhu air dalam akuarium itu berpengaruh terhadap ikan koki? karena suhu dalam air diakuarium-ku udah 32 derajat. dan Apakah boleh diberi Es batu dalam akuarium supaya suhunya turun?

    • Kasih fan aja bro

    • buat koki suhu yang baik sekitar 27 – 30 derajat selsius..
      kalo koki yang dah biasa di suhu hangat, tiba – tiba shuh turun jadi 25 misalnya, niscaya si koki lebih rentan kena penyakit..

      waduh ni tulisan copas ya?

  6. ikan mas koki itu sensitif banget sama suhu air,, gak boleh terlalu drastis perubahan suhu airnya.. jadi kalo bisa sih jangan!!

  7. Sekedar penambahan peralatan aquarium tetap membutuhkan aerator( usahakan berbatere ),Filter( di sarankan Canister ),termometer( memantau suhu aquarium ),Heater untuk menjaga suhu aquarium stabil

  8. yah gimana dund??
    aq ngisi aer’a pke aer kran.

  9. ya tergantung kndisi air rumah lu… klo emang bagus ya gpp,, tapi klo ternyata jelek,, yaaaaa…. pasti ak lama ikannya hidup!!

  10. Alat atau cecair untuk ukur tahap PH juga amat penting….Maskoki memerlukan tahap PH 6.5 hingga 7.0

  11. [...] saya buka website ni untuk mendapatkan maklumat mengenai pemeliharaan ikan emas. Baru saya faham, rupanya air ikan [...]

  12. baru pertama x niy punya ikan koki.td pagi ru beli tp kok mlm airnya jd keruh,knapa yha gan?apa pengaruh dr batu krikilnya coz aku dasarnya q kasih batu krikil bkn pasir tp sbelumnya udah q cuci kok batunya dan pastinya g pake sabun.

  13. Campur sama ikan sapu” biar ga stres.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: